Rabu, 02 November 2011

Pelapisan Sosial Dalam Masyarakat


PELAPISAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

        Pelapisan sosial adalah pengelompokkan masyarakat yang di lihat dari gaya hidup sehari-hari. Pelapisan terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu :
1.      Lapisan atas, yang termasuk lapisan atas adalah mereka yang berkehidupan sangat berada, bahkan berlebihan.
2.      Lapisan menengah, yang termasuk lapisan menengah adalah mereka yang kehidu
pan sehari-harinya dalam keadaan cukup, dan kurang lebihnya masih bisa menabung.
3.      Lapisan bawah, yang termasuk lapisan bawah adalah  mereka yang serba kekurangan dalam kehidupan sehari-hari.
Faktor- faktor yang menyebabkan terbentuknya pelapisan sosial dalam masyarakat adalah karena adanya penilaian tertentu terhadap seseorang yang akhirnya membentuk kelompok dengan orang- orang yang memiliki persamaan dengannya. Di antara parameter penilaiannya adalah banyaknya kekayaan atau kebendaan yang di miliki. Samakin mahal dan mewah barang yang di miliki, semakin tinggi strata sosialnya. Begitupun sebaliknya, semakin tidak punya harta benda semakin dinilai rendah strata sosialnya.
            Ilmu pengetahuan pun dapat menunjukkan kualitas dirinya sekaligus level sosialnya. Orang-orang yang mempunyai gelar sarjana sering kali da anggap orang yang berasal dari lapisan atas. Padahal banyak sarjana yang berasal dari orang-orsng yang tidak mampu. Mereka memenangi beasiswa agar bisa kuliah dan meneruskan hidupnya hingga mendapat pekerjaan dan penghidupan yang mempuni.
            Di jaman sekarangpun masih banyak orang-orang yang membedakan antara sesamanya dari lapisan sosial, salah satunya mengenai jodoh. Jika ada pasangan dari lapisan yang berbeda biasanya itu bisa menjadi penghalang keduanya untuk menuju ke jenjang yang lebih serius, apalagi jika si perempuanlah yang memiliki lapisan atas dan si laki-lakinya berada di bawahnya. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.



Sumber pustaka : www.anneahira.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar